Jumat, 25 Januari 2013

KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH




Kelas : III Sem. 2
KD      :  2.3 

A. Pengertian Jual Beli
            Jual beli adalah kegiatan tukar­-menukar barang dengan menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam jual beli tentu harus ada penjual, pembeli, barang yang diperjualbelikan, uang, serta serah terima antara penjual dan pembeli. Kegiatan jual beli dikatakan sah apabila kelima syarat tersebut terpenuhi. Dalam juai beli terdapat kegiatan transaksi. Transaksi dilakukan oleh penjual dan pembeli. Dalam kegiatan transaksi, pihak penjual menawarkan barang dagangannya kepada pembeli. Apabila pembeli membutuhkan barang tersebut, maka ia akan melakukan tawar-menawar mengenai harga barang tersebut. Kegiatan tawar-menawar ini tidak selalu harus dilakukan. Di tempat-tempat tertentu harga sudah ditetapkan secara sepihak oleh penjual, seperti di toko-toko dan supermarket.  Tawar menawar harga suatu barang dan kegiatan transaksi adalah hal yang wajar. Penjual berusaha menawarkan barang dengan harga yang tinggi, sedangkan pembeli berusaha mendapatkan barang dengan harga yang murah. Dari tawar-menawar tersebut bisa terjadi kesepakatan mengenai harga, bisa pula tidak terjadi kesepakatan harga.
Bila kesepakatan terjadi, maka akan terjadi proses transaksi. Kegiatan jual beli dapai dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, maupun pasar. Di dalam kegiatan jual beli tentunya ada seorang penjual dan pernbeli.

 1. Pelaku Kegiatan Jual Beli
     Di dalam kegiatan jual beli melibatkan beberapa pelaku, antara lain:
1.     Penjual adalah orang yang rnenjual dagangannya. Saat berjualan penjual haruslah jujur mengenai kondisi barangnya. Apabila barang itu jelek, penjual harus mengatakan barang itu jelek. Setiap penjual selalu ingin mendapatkan laba. Laba adalah keuntungan yangdiperoleh dari hasil penjualan. Tidak ada penjual yang ingin merugi. Laba yang didapat oleh penjual dimanfaatkan Unrtuk mencukupi kebutuhan sehari-hari ataupun untuk menambah modal. Penjual yang baik biasanya menyediakan garansi dalam masa tertentu pada barang-barang tertentu. Dengan dberinya garansi pemakaian kepada pembeli berarti barang yang disajikan oleh pemnjual terjamin kwaliasnya.ila kesepakatan terjadi, maka akan terjadi proses transaksi. Selain itu penjual juga harus ramah dalam melayani pembeli. Karena pembeli rela mengeluarkan uang untuk membeli barang yang dibutuhkan. Jika penjual tidak ramah, pembeli dapat pergi dan rnencari penjual lain.

2.     Pembeli adalah orang yang membeli dagangan dari penjual. Biasanya pembeli menginginkan harga yang murah. Pembeli yang baik adalah pembeli yang menepati janjinya. Apabila sudah menyetujui harga, maka tidak boleh berubah pikiran. Harga yang sudah disepakati bersama haruslah dilaksanakan.


Hal-hal yang perlu kita ketahui pada saat membeli barang antara lain:
*.   Pikirkan barang yang benar-benar dibutuhkan
*.  Teliti barang sebelum membeli
*.  Tawar harga
*.   Bandingkan harga dan kwalitas barang

2. Kegiatan jual beli di lingkungan  rumah
            Apakah di sekitar tempat tinggal kalian terdapat toko atau warung? Apakah rumahmu berdekatan dengan pasar? Warung, toko, pasar merupakan tempat-tempat di sekitar tempat tinggal kita yang digunakan untuk kegiatan jual beli.

 A. Warung
            Warung merupakan tempat kegiatan jual beli di lingkungan rumah. Di warung terdapat penjual yang menyediakan makanan. Di warung juga terdapat pembeli yang membeli makanan atau barang yang disediakan. Untuk lebih jelasnya simaklah cerita berikut ini.
            Bu Tuminah tinggal di pinggiran kota Surabaya. Suaminya sudah tiada. Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, Bu Tuminah membuka warung makan kecil-kecilan di pinggir jalan. Masakannya yang enak dan harganya yang cukup terjangkau, kini warung makan itu banyak dikunjungi pembeli.

B. Toko
            Toko merupakan bangunan yang dipergunakan untuk menjual barang-barang. Ada toko yang menjual kebutuhan sehari-hari dan ada toko yang menjual satu jenis barang yang disebut toko khusus.
Jenis-jenis toko diantaranya:

Toko mebel
            Toko mebel adalah toko yang menjual berbagai macam perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, almari, tempat tidur, dan sebagainya.

Toko pakaian
            Toko pakaian menjual berbagai jenis pakaian. Misalnya celana, kemeja, kaos, daster, rok, dan sebagainya. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, jadi hampir setiap hari ada orang yang berkunjung ke toko pakaian.

Toko material
            Toko material merupakan toko yang menjual bahan bangunan dan peralatan untuk bangunan seperti batu, pasir, semen, cat, paku dan sebagainya.

Toko elektronik
            Toko elektronik merupakan toko yang menjual barang-barang elektronik, seperti radio, televisi, DVD player, kulkas, mesin cuci, dan lain-lain. Biasanya barang­-barang elektronik harganya cukup mahal dan kurang awet, jadi perlu dirawat dengan baik.
 Toko obat / apotik
            Toko obat atau apotik  merupakan tempat menjualnya berbagai jenis obat, baik dengan menggunakan resep atau tidak. Membeli obat di apotik lebih aman dibandingkan di warung-warung karena apotik memiliki ijin resmi untuk menjual obat-obatan dan lebih memerhatikan kualitas obat. Membeli obat di apotik seharusnya  menggunakan resep dokter.
Toko buku
Toko buku menjual buku dan peralatan sekolah seperti buku, pensil, kalkulator, penghapus, tinta dan lain sebagainya

Toko sepatu
Toko yang menjual beraneka sepatu.

 C. Pasar
            Pasar merupakan tempat bertemunya calon pembeli dengan penjual barang dagangan. Pasar dapat dibedakan berdasarkan bentuk bangunan, kegiatannya, dan jenis barang yang dijualnya.
            Berdasarkan bentuk bangunannya, pasar dapat dibedakan menjadi:
1) Pasar tradisional adalah pasar yang terdiri atas beberapa los untuk tiap jenis barang yang menjual berbagai kebutuhan hidup. Pasar ini biasanya terdapat di pedesaan dan perkotaan. Pelayanannya pun langsung dilayani penjual. Barang yang dijual boleh ditawar, jika terjadi kesepakatan barang langsung dibayar tunai.
           
2) Pasar modern;   orang menyebut pasar ini dengan berbagai nama, seperti: pasar swalayan, supermarket, mall atau departemen store. Pasar modern adalah pasar yang terdiri atas rak-rak tempat menata berbagai barang kebutuhan hidupF Pasar modern ini pada umumnya terdapat di kota-kota besar. Barang-barang yang dijual di pasar modern sudah diberi label harga, sehingga tidak dapat ditawar oleh pembeli. Namun, dalam pasar modern ini pembeli bebas memilih barang yang dibutuhkan. Cara pembayarannya pun dapat dengan kartu kredit atau langsung tunai. Contoh pasar modern: Hero, Matahari, Pasaraya, Solo Grand Mall, Solo Square.

            Berdasarkan bentuk kegiatannya, pasar dapat dibedakan menjadi:
1. Pasar nyata adalah pasar di mana pembeli dapat melihat langsung barang yang ingin mereka beli.Barang-yan dijual di pasar nyata ditata dengan rapi. Pembeli dan penjual beserta barang yang dijual berada pada satu tempat.
Contoh: pasar buah, pasar sayur, dan lain-lain.

2. Pasar tidak nyata adalah pasar yang tidak menyediakan barang yang akan dijual. Namun penjual hanya memberikan contoh atau surat barang yang akan ijual. Di pasar ini penjual dan pembeli tidak saling berhadapan langsung. Di dalam pasar tidak nyata ada wakil dari penjual maupun pembeli dinamakan pialang.
Contoh: pasar saham.

Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dapat dibedakan menjadi:
1)     Pasar loak adalah pasar yang menjual barang-barang bekas. Di pasar loak dijual lampu hias, kursi antik, dan lain-lain.
2)     Pasar buah adalah pasar yang khusus menjual buah, seperti: buah apel, mangga, anggur, melon.
3)     Pasar sayur adalah pasar yang khusus menjual sayur-sayuran.
4)     Pasar induk merupakan pasar tempat ditampungnya suatu jenis barang dari berbagai daerah. Misalnya: pasar induk beras, pasar induk sayuran, dan lain-lain.
5)     Pasar modal adalah pasar atau bursa yang menjualbelikan surat-surat berharga. Termasuk surat-surak berharga seperti cek, giro, bilyet, dan sebagainya.

 D.Pedagang keliling
            Pedagang keliling adalah pedagang yang berjualan secara berkeliling ke rumah-rumah penduduk.
 E.Pedagang kaki lima
            Pedagang kaki lima adalah  pedagang yang berjualan di pinggir jalan atau trotoar. Contoh pedagang kaki lima adalah warung makan bakso atau warung mie ayam yang ada di pinggir-pinggir jalan.

3. Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah
            Di sekolahmu tentunya terdapat kantin sekolah, bukan? Pada saat istirahat, kamu dan teman-temanmu langsung berhamburan keluar kelas untuk membeli jajanan di kantin sekolah. Dan ada juga yang jajan pada pedagang keliling. Biasanya Pedagang keliling mangkal di depan gerbang sekolah.  Selain itu di sekolahmu tentu juga terdapat koperasi sekolah. Koperasi sekolah tersebut menjual peralatan sekolah yang dibutuhkan siswanya. Kantin sekolah dan koperasi sekolah merupakan bentuk kegiatan jual beli di lingkungan sekolah.

A. Kantin Sekolah
            Kantin sekolah menyediakan makanan. Kalau membeli makanan, pilih makanan yang sehat. Agar kita tetap sehat. Kantin sekolah yang baik, makanan yang dijual sehat.

B. Koperasi Sekolah
            Koperasi sekolah didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para siswanya. Di koperasi sekolah dijual peralatan sekolah di antaranya buku tulis, bolpoin, pensil, buku gambar, penggaris, serta seragam sekolah. Dengan adanya koperasi sekolah ini, siswa tidak lagi berjalan jauh ke luar sekolah hanya untuk membeli peralatan sekolah.

            Dagangan yang dijual pedagang keliling bermacam-macam. Adfa yang menjual makanan, minuman dan mainan anak. Harga dagangannya biasanya cukup murah

 4. Cara Pembayaran dalam Kegiatan Jual Beli
            Berdasarkan cara pembayarannya, kegiatan jual beli dibedakan atas:
a. Kontan, yakni pembayaran jual beli secara tunai dan keseluruhan
b. Kredit, yakni pembayaran jual beli secara angsuran atau mencicil. Kelebihan dari pembayaran kredit yakni dapat dicicil Kerugian dari pembayaran kredit adalah harga rnenjadi lebih mahal.

Cermat dalam Berbelanja
            Berbelanja merupakan salah satu kegiatan jual beli. Di dalam berbelanja kita harus cermat Yang dimaksud cermat dalam berbelanja adalah mengetahui dimana tempat membeli barang yang lebih murah dan mempertimbangkan barang sebelum dibeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a href="http://www.bloguez.com">
a href="http://www.glitter-graphics.com">
glitter-graphics.com
a href="http://www.glitter-graphics.com">
glitter-graphics.com